PAPER

ANALISIS SOSIAL MEDIA INSTAGRAM

 

Nama: Chandra Wijaya

Kelas: 3KA21

NPM: 11119447

 

 

 

FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

UNIVERSITAS GUNADARMA

2022



Sejarah Instagram

Mike Krieger (kanan) dan Kevin Systrom (kiri) (Sumber: Pesantrennuris.net)

Kevin Systrom merupakah salah penemu dari aplikasi Instagram. Pada tahun 2009, Systrom awalnya bekerja pada sebuah web travel bernama Nextstop. Saat bekerja disana, Systrom memiliki sebuah ide untuk membangun aplikasi yang dapat memungkinkan orang untuk menggunakan smartphonenya untuk memberitahu kepada orang lain mengenai lokasinya sekarang. Tidak hanya itu, para pengguna juga dapat bermain games dan juga berbagi foto pada aplikasi.

Aplikasi ini disebut dengan Burbn. Aplikasi ini diluncurkan pada Maret 2010. Sesaat setelah diluncurkan, Systrom menyadari bahwa kebanyakan orang hanya menggunakan aplikasi ini untuk berbagi foto saja. Oleh karena itu, Systrom beserta rekan kerjanya yang bernama Krieger menciptakan sebuah aplikasi baru yang berfokus pada fitur berbagi foto. Sejak saat itulah muncul aplikasi bernama Instagram, yaitu kombinasi dari kata instant dan telegram. Instagram ini pertama kali diluncurkan pada 6 Oktober 2010.

Sesaat setelah diluncurkan, Instagram langsung memiliki 1 juta users. Systrom beserta Krieger sempat merasa kesulitan untuk menjaga server agar dapat tetap berjalan untuk mendukung aplikasinya. Instagram tumbuh dengan cepat dan hampir 150 juta foto telah diupload pada aplikasi ini per 3 Agustus 2011. Satu bulan setelahnya, pengguna Instagram sudah mencapai 10 juta pengguna


Fitur dan Konten Instagram

Instagram yang awalnya digunakan sebagai media sosial berbagi foto ini ternyata memiliki banyak sekali fitur dan variasi konten. Dari awal diluncurkan hingga sekarang, Instagram tidak pernah berhenti untuk menciptakan inovasi baru untuk fitur - fitur yang ada di dalamnya. Beberapa contoh fitur yang populer di Instagram yaitu :

  • AR Filter

Gambar Filter (Sumber: instagram.com)

Instagram menyediakan Filter yang dapat memberikan efek lucu kepada para penggunanya. Fitur Filter ini juga banyak digunakan oleh beberapa perusahaan untuk melancarkan strategi marketingnya melalui konten – konten yang menggunakan Filter khusus yang disediakan perusahaan.

  •  Instastory

Selain itu, Instagram juga memiliki fitur Instastory yang sangat populer sejak pertama kali muncul. Fitur Instastory ini memungkinkan para penggunanya untuk membuat konten foto maupun video singkat dengan durasi maksimal 15 detik per kontennya.

Gambar Instastory (Sumber: nextren.grid.id)

  •   Reels

Instagram juga baru – baru ini meluncurkan sebuah fitur baru yaitu Reels. Tidak mau kalah dengan Tik – Tok, Instagram membuat fitur tersendiri bernama Reels yang memungkinkan penggunanya untuk menonton konten pengguna lain secara acak secara mudah, yaitu dengan cara menswipe kebawah untuk pindah ke konten acak lainnya.

  •  IGTV

Gambar IGTV (Sumber: instagram.com)

IGTV merupakan singkatan dari Instagram TV. Pada IGTV, para penggunanya dapat menggunggah video dengan durasi panjang (lebih dari satu menit).

  • Instagram Live

Gambar IG Live (Sumber: ArenaLTE.com)

Instagram Live merupakan sebuah fitur yang disediakan bagi para penggunanya untuk melakukan siaran langsung.

Selain itu, masih terdapat banyak fitur – fitur lainnya seperti Instagram Shop, Profesional Dashboard dan masih banyak lainnya. Dengan fitur – fitur ini, tentu saja pengguna menjadi lebih leluasa untuk berkarya melalui Instagram.

Untuk konten sendiri, Instagram berfokus pada foto dan video yang dapat diupload di masing – masing fitur yang disediakan. Contohnya pada Instastory, pengguna dapat mengupload baik foto maupun video berdurasi pendek.

Gambar Contoh Instatory (Sumber: JalanTikus.Com)

Saat ingin mengupload Instastory, pengguna diberikan pilihan untuk menambahkan tulisan, mengatur filter, menambahkan stiker maupun gif dan dapat menggambar menggunakan brush pada konten yang ingin diupload. Contohnya pada gambar diatas, pengguna dapat menambahkan tulisan “Halo Jakarta” di bagian atas pada foto yang akan diupload di Instatory. Instastory ini akan bertahan selama 24 jam terhitung saat setelah diupload. Setelah 24 jam tersebut, Instatory akan otomatis tersimpan di bagian arsip pengguna dan pengguna diberikan pilihan untuk menyimpannya kembali di bagian “Sorotan” yang terdapat di bagian profil pengguna.


Dampak Positif dan Negatif Instagram

Berikut dampak positif dari Instagram:

1. Instagram dapat dijadikan sebagai media yang memungkinkan penggunanya untuk memasarkan atau menjual produk.

2. Instagram dapat memungkinkan penggunanya untuk menambah kreativitas melalui konten - konten yang dibuat.

3. Instagram dapat menjadi sumber wawasan bagi para penggunanya melalui konten - konten edukasi yang terdapat di dalam aplikasi ini.

4. Melalui Instagram, para penggunanya dapat menambah teman ataupun koneksi baru.

Tidak hanya dampak positif, ternyata Instagram juga membawa beberapa dampak buruk bagi para penggunanya:

1. Membuat para penggunanya menjadi kecanduan dan malas

2. Banyak konten - konten yang kurang pantas dan dapat membahayakan para penggunanya khususnya bagi pengguna dibawah umur

3. Masih banyaknya konten hoax yang muncul yang seringkali memicu permasalahan

4. Instagram memungkinkan munculnya masalah mental dari berbagai penyebab seperti perundingan, depresi, cemas berlebih dan juga rasa takut tertinggal berita

 

 


Link menuju Instagramwww.instagram.com


Referensi:

-          Geyser, Wener. 2021. "The Complete List of Instagram Features for Marketers". influencermarketinghub.com/instagram-features/.

-          Mattern, Joanne. 2016. Instagram Chapter 2. Minneapolis: Abdo Publishing.

-          Macmillan, Amanda. 2017. "Why Instagram Is the Worst Social Media for Mental Health. time.com/4793331/instagram-social-media-mental-health/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat shortcut aplikasi menggunakan batch file (file.bat)

Tugas 3 pertanyaan softskill

Manusia dan Penderitaan