PAPER
ANALISIS
SOSIAL MEDIA INSTAGRAM
Nama:
Chandra Wijaya
Kelas:
3KA21
NPM:
11119447
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI
INFORMASI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2022
Sejarah Instagram
Mike
Krieger (kanan) dan Kevin Systrom (kiri) (Sumber: Pesantrennuris.net)
Kevin Systrom merupakah salah
penemu dari aplikasi Instagram. Pada tahun 2009, Systrom awalnya bekerja
pada sebuah web travel bernama Nextstop. Saat bekerja disana, Systrom memiliki
sebuah ide untuk membangun aplikasi yang dapat memungkinkan orang untuk
menggunakan smartphonenya untuk memberitahu kepada orang lain mengenai
lokasinya sekarang. Tidak hanya itu, para pengguna juga dapat bermain games dan
juga berbagi foto pada aplikasi.
Aplikasi ini disebut
dengan Burbn. Aplikasi ini diluncurkan pada Maret 2010. Sesaat setelah
diluncurkan, Systrom menyadari bahwa kebanyakan orang hanya menggunakan
aplikasi ini untuk berbagi foto saja. Oleh karena itu, Systrom beserta rekan
kerjanya yang bernama Krieger menciptakan sebuah aplikasi baru yang berfokus
pada fitur berbagi foto. Sejak saat itulah muncul aplikasi bernama Instagram,
yaitu kombinasi dari kata instant dan telegram. Instagram
ini pertama kali diluncurkan pada 6 Oktober 2010.
Sesaat setelah
diluncurkan, Instagram langsung memiliki 1 juta users. Systrom beserta
Krieger sempat merasa kesulitan untuk menjaga server agar dapat tetap berjalan
untuk mendukung aplikasinya. Instagram tumbuh dengan cepat dan hampir
150 juta foto telah diupload pada aplikasi ini per 3 Agustus 2011. Satu bulan
setelahnya, pengguna Instagram sudah mencapai 10 juta pengguna
Fitur dan Konten Instagram
Instagram yang awalnya digunakan sebagai media sosial berbagi foto ini ternyata memiliki banyak sekali fitur dan variasi konten. Dari awal diluncurkan hingga sekarang, Instagram tidak pernah berhenti untuk menciptakan inovasi baru untuk fitur - fitur yang ada di dalamnya. Beberapa contoh fitur yang populer di Instagram yaitu :
- AR Filter
Gambar Filter (Sumber: instagram.com)
Instagram menyediakan Filter yang dapat memberikan efek lucu kepada para penggunanya. Fitur Filter ini juga banyak digunakan oleh beberapa perusahaan untuk melancarkan strategi marketingnya melalui konten – konten yang menggunakan Filter khusus yang disediakan perusahaan.
- Instastory
Selain itu, Instagram
juga memiliki fitur Instastory yang sangat populer sejak pertama kali muncul.
Fitur Instastory ini memungkinkan para penggunanya untuk membuat konten foto
maupun video singkat dengan durasi maksimal 15 detik per kontennya.
Gambar Instastory
(Sumber: nextren.grid.id)
- Reels
Instagram juga baru – baru ini meluncurkan sebuah fitur baru yaitu Reels. Tidak mau kalah dengan Tik – Tok, Instagram membuat fitur tersendiri bernama Reels yang memungkinkan penggunanya untuk menonton konten pengguna lain secara acak secara mudah, yaitu dengan cara menswipe kebawah untuk pindah ke konten acak lainnya.
- IGTV
Gambar IGTV
(Sumber: instagram.com)
IGTV merupakan singkatan dari Instagram TV. Pada IGTV, para penggunanya dapat menggunggah video dengan durasi panjang (lebih dari satu menit).
- Instagram Live
Gambar IG Live
(Sumber: ArenaLTE.com)
Instagram Live merupakan
sebuah fitur yang disediakan bagi para penggunanya untuk melakukan siaran
langsung.
Selain itu, masih
terdapat banyak fitur – fitur lainnya seperti Instagram Shop, Profesional Dashboard
dan masih banyak lainnya. Dengan fitur – fitur ini, tentu saja pengguna menjadi
lebih leluasa untuk berkarya melalui Instagram.
Untuk konten sendiri, Instagram
berfokus pada foto dan video yang dapat diupload di masing – masing fitur yang
disediakan. Contohnya pada Instastory, pengguna dapat mengupload baik foto
maupun video berdurasi pendek.
Gambar
Contoh Instatory (Sumber: JalanTikus.Com)
Saat ingin mengupload Instastory, pengguna diberikan pilihan untuk menambahkan tulisan, mengatur filter, menambahkan stiker maupun gif dan dapat menggambar menggunakan brush pada konten yang ingin diupload. Contohnya pada gambar diatas, pengguna dapat menambahkan tulisan “Halo Jakarta” di bagian atas pada foto yang akan diupload di Instatory. Instastory ini akan bertahan selama 24 jam terhitung saat setelah diupload. Setelah 24 jam tersebut, Instatory akan otomatis tersimpan di bagian arsip pengguna dan pengguna diberikan pilihan untuk menyimpannya kembali di bagian “Sorotan” yang terdapat di bagian profil pengguna.
Dampak Positif dan
Negatif Instagram
Berikut dampak positif
dari Instagram:
1.
Instagram dapat dijadikan sebagai media yang memungkinkan penggunanya
untuk memasarkan atau menjual produk.
2.
Instagram dapat memungkinkan penggunanya untuk menambah kreativitas melalui
konten - konten yang dibuat.
3.
Instagram dapat menjadi sumber wawasan bagi para penggunanya melalui
konten - konten edukasi yang terdapat di dalam aplikasi ini.
4.
Melalui Instagram, para penggunanya dapat menambah teman ataupun koneksi
baru.
Tidak hanya dampak positif, ternyata Instagram juga membawa beberapa dampak buruk bagi para penggunanya:
1. Membuat para penggunanya menjadi kecanduan dan malas
2. Banyak konten - konten yang kurang pantas dan dapat membahayakan para penggunanya khususnya bagi pengguna dibawah umur
3. Masih banyaknya konten hoax yang muncul yang seringkali memicu permasalahan
4. Instagram memungkinkan munculnya masalah mental dari berbagai penyebab seperti perundingan, depresi, cemas berlebih dan juga rasa takut tertinggal berita
Link menuju Instagram: www.instagram.com
Referensi:
-
Geyser, Wener. 2021. "The Complete
List of Instagram Features for Marketers". influencermarketinghub.com/instagram-features/.
-
Mattern, Joanne. 2016. Instagram
Chapter 2. Minneapolis: Abdo Publishing.
-
Macmillan, Amanda. 2017. "Why
Instagram Is the Worst Social Media for Mental Health. time.com/4793331/instagram-social-media-mental-health/
Komentar
Posting Komentar